Arsip Blog

Selasa, 20 Oktober 2015

Rahasia animasi CGI

Rahasia Di balik pergerakan wajah 3D


  Selamat datang para pecinta Visual Effect di dunia khususnya di Indonesia. Kali ini saya akan mengupas tentang rahasia pergerakan wajah karakter animasi 3d, tokoh fiktif dalam sebuah film, dan game 3d.
  Oke...ga usah basa-basi lagi kawan, apa itu pergerakan wajah karakter 3d. Ya saya menyebutnya facial motion capture.
  Apa itu facial motion capture?  Facial motion capture adalah gerakan wajah karakter virtual 3d yang di awali dengan pengambilan point atau titik- titik pada wajah aktor manusia sebagai perantara
Gerakan ekspresi wajah seorang atau lebih dari satu aktor untuk memvisualisasikannya ke karakter wajah 3d agar membuat gerakan ekpresi wajah karakter 3d lebih natural dan reel (nyata )
Seperti gambar diatas, pastinya kawan semua sudah tau pastinya film apa? Ya pastinya film yang paling menyedot perhatian penonton dunia apalagi kalau bukan film Avatar ( bergenre CGI movie )
  Setelah saya sekian lama mencari tahu bagaimana cara orang luar sana khususnya film-film Hollywood membuat karakter wajah seram, monster, humanoid( manusia robot dalam film bergenre Sci-fi ), ha ternyata mereka sudah meninggalkan cara lama untuk membuat karakter yaitu dengan membuat wajah karakter dengan bahan elastis seperti karet dilikon dan bahan lain yang harus mengeluarkan banyak material untuk sebuah karakter dan banyak mengeluarkan biaya yang di bilang tidak sedikit.
  Terima kasih kawan semua pecinta visual effect dan dunia animasi 3d. Artikel ini hanya awal untuk sedikit memberi sedikit pengetahuan tentang sistem kerja facial motion capture. InsyaAllah artikel selanjutnya tentang software-software facial motion capture.
  Salam visual effect Indonesia. Majuuuu teruuu.ss..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar